SUARA INDONESIA
Banner

Anggota DPRD Kabupaten Malang Dorong Terwujudnya Desa Digital

MALANG - Anggota DPRD Kabupaten Malang, Tantri Bararoh mendorong pemerintah desa memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang terintegrasi dalam pelayanan publik dan kegiatan perekonomian. 

Hal itu disampaikannya saat memberikan sosialisasi "Pemanfaatan Tekologi Informasi pada Pemerintahan Desa Melalui Desa Digital" di Pendodpo Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, Jumat (12/03/2021).

"Pertama perlu pemetaan terlebih dahulu mengenai potensi dan sumber daya yang tersedia di Desa Karangkates," ujar Tantri Bararoh.

Selain itu, tambah Tantri, perlu melakukan koordinasi, komunikasi, dan sinergitas yang akan menghasilkan kolaborasi dengan berbagai elemen yang nantinya mampu mempercepat pelaksanaan desa digital di Desa Karangkates. 

“Misalnya ada BUMDesa yang bergerak dalam berbagai bidang, misalnya batik, suplayer e-warung, dan potensi-potensi lainnya, bisa menjadi modal dasar bagi Pemerintah Desa Karangkates untuk mewujudkan desa digital,” tambahnya.

Ketua DPC ISRI Kabupaten Malang ini juga menekankan, bahwa desa digital mampu memberikan peluang bagi terciptanya pemberdayaan ekonomi di masyarakat.

Mulai dari pemasaran produk-produk UMKM yang dihasilkan oleh masyarakat desa sampai optimalisasi potensi yang ada di Desa Karangkates.

“Desa digital juga akan memperlancar penggunaan aplikasi sistem keuangan desa (Siskeudes) sehingga pengelolaan keuangan desa termasuk dana desa dapat lebih transparan dan akuntabel,” tegasnya.

Selain peningkatan perekonomian masyarakat, spirit desa digital menurut Tantri juga menyasar pelayanan publik yang terkoneksi melalui jaringan nirkabel.

"Pelayanan yang bersifat digital akan mendorong peningkatan layanan publik di desa-desa dan mempermudah perangkat desa untuk melakukan evaluasi dan perbaikan layanan dengan basis data yang nantinya dimiliki," ujarnya.

Untuk menuju desa digital, Tantri mengatakan banyak tantangan yang harus dilalui. Seperti dibutuhkan sosialisasi, pendampingan, dan literasi digital terhadap SDM dan masyarakat desa yang disesuaikan dengan karakteristik dan budaya masyarakat.

"Hal ini yang perlu diperhatikan oleh Pemdes Karangkates ketika akan mewujudkan desa digital,” ujar Tantri.

Bendahara DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang itu berharap dengan adanya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dapat mengembangkan ekonomi masyarakat desa.

"Adanya desa digital diharapkan pelayanan publik dapat meningkat dan pemberdayaan ekonomi masyarakat menjadi berkembang,” harapnya.

Kegiatan sosialisasi dengan tema “Pemanfaatan Tekologi Informasi pada Pemerintahan Desa Melalui Desa Digital” itu diikuti oleh berbagai elemen masyarakat.

Mulai dari perangkat Desa Karangkates, pengurus RT, pengurus RW, tokoh masyarakat hingga pemuda desa.

Apa Reaksi Anda?