SUARA INDONESIA
Banner

Menteri Erick Thohir Klaim BUMN Pro UMKM

MALANG - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan peran UMKM sangat penting untuk pemulihan ekonomi nasional.

Hal itu di sampaikannya saat meresmikan Kandang Komunal Penggemukan Sapi Berbasis Teknologi IOT (Internet Of Things) karya siswa SMK Telkom di Desa Panggungrejo, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, Sabtu (27/11/2021).

"Saya rasa kondisi UMKM adalah sesuatu yang harus didorong karena kita mengingat tulang punggung Indonesia adalah UMKM," ujarnya.

Eks Presiden Inter Milan itu mengatakan, kondisi pembiayaan perbankan di Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan dengan negara tetangga.

"Kalau kita lihat perbandingannya antara pembiayaan perbankan antara kita dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand kurang lebih 50 persen. Sedangkan Indonesia baru 20 persen," bebernya.

Oleh karena itu, menurutnya, sangat penting Himbara (Himpunan Bank Bank Milik Negara), dalam hal ini baik BRI, BNI dan bank negara lainnya untuk mendorong keberpihakan kepada UMKM.

"Kita ingin memastikan bahwa UMKM menjadi ujung tombak. Untuk BUMN sendiri kita sudah meluncurkan PaDi (Pasar Digital) UMKM. Pengadaan di BUMN yang dibawah 400 juta itu sekarang harus UMKM dan sudah 10.100 yang sudah terdaftar, 120.000 transaksi dengan nilai 12.4 triliun," ungkapnya.

Dirinya mengklaim bahwa, BUMN sangat pro dengan UMKM dalam rangka peningkatan perekonomian Indonesia.

"Jadi BUMN sangat pro UMKM, apakah pembiayaan, apakah akses pasar dan juga pendampingan," pungkas Menteri BUMN Erick Thohir.

Apa Reaksi Anda?