SUARA INDONESIA
Banner

KONI Sambut Baik Kehadiran Olahraga Gateball di Kota Malang

KOTA MALANG - Ketua KONI Kota Malang, Eddy Wahyono, menyambut baik hadirnya olahraga Gateball di Kota Malang.

Hal itu disampaikannya usai melakukan latihan bermain Gateball bersama bakal pengurus Pergatsi (Persatuan Gateball Seluruh Indonesia) Kota Malang di Lapangan Gateball Dewandaru, Minggu (14/02/2021).

"Saya tentunya cukup senang kalau ada suatu cabang olahraga baru seperti ini ya. Karena saya liat komunitas ini belum terlalu banyak," ujar Eddy Wahyono.

Eddy sendiri mengaku, baru mendengar adanya olahraga yang mirip dengan permainan Golf dan Biliar tersebut.

"Saya baru lihat komunitas yang satu ini. Saya baru dengar seminggu yang lalu dilaporkan akan bergabung dengan KONI," akunya.

Eddy mengatakan akan terbuka bilamana Pergatsi Kota Malang bergabung dengan KONI. Bahkan jika syaratnya lengkap akan direkomendasikan gabung bersama KONI Kota Malang.

"Boleh bergabung, ya asalkan pengprovnya ada, pengurus pusat ada, sehingga di Kota Malang akan mendapatkan mandat dari provinsi untuk membentuk Cabor Gateball Pengcab Malang," pungkasnya.


Eddy Wahyono berharap, dengan hadirnya olahraga asal Jepang ini dapat menjadi olahraga prestasi yang bisa membanggakan Kota Malang.

"Tentunya harus ada perkenalan, regenerasi dan ada pembinaan bagi anak usia dini, sekolah dan jenjang lainnya," ujar Eddy.

Di Kota Malang sendiri, ada 3 Komunitas Gateball yang sudah berdiri yaitu, Total Jadul Gateball Club, Jasa Tirta Gateball Club dan juga Dewandaru Gateball Club.

Koordinator Total Jadul Gateball Club Kota Malang, Yusuf Asmo, mengaku optimis olahraga Gateball dapat diterima dan berkembang di bumi Arema ini.

"Jadi dengan adanya 3 club di Kota Malang ini, mudah-mudahan akan direstui pengurus Jatim agar Pergatsi Kota Malang segera dikukuhkan," ujarnya.


Asmo, sapaan akrabnya mengatakan, siap melakukan pembinaan kepada anak usia dini, sekolah, perguruan tinggi maupun instansi lainnya.

"Kalau udah ada wadahnya (Pergatsi Kota Malang) maka kita siap sosialisasi lewat sekolah dan instansi lainnya untuk memperkenalkan olahraga yang terbilang baru ini," ujar pensiunan PT Total E&P Indonesie itu.

Soal kesiapan pembentukan pengurus Pergatsi Kota Malang, Asmo mengatakan telah menyusun struktur organisasi dan berkas kelengkapan yang dibutuhkan.

"Kita sudah susun struktur organisasi dan persyaratan lainnya. Harapannya, minggu ini sudah jadi konsepnya dan teman-teman semua sudah siap," ujar Yusuf Asmo.

Sebagai informasi, Ketua Umum Pergatsi Pusat saat ini dijabat oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Apa Reaksi Anda?