SUARA INDONESIA MALANG

Pemkab Malang Dukung Menteri Koperasi Kembangkan Digitalisasi Agribisnis Model TaniHub

Mohammad Sodiq - 20 November 2020 | 15:11 - Dibaca 2.49k kali
Pemerintahan Pemkab Malang Dukung Menteri Koperasi Kembangkan Digitalisasi Agribisnis Model TaniHub
Kunjungan Menkop Teten Masduki bersama Pjs Bupati Malang ke PPC TaniHub.

KABUPATEN MALANG - Pjs. Bupati Malang, Drs. Sjaichul Ghulam, M.M mendampingi Menteri Koperasi dan UKM, Teten Mazduki ke Perusahaan PPC TaniHub Group di Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Jumat (20/11/2020).

Kedatangan Menkop dan UKM ini terkait program kolaborasi TaniHub Group dengan Kementerian Koperasi dan UKM dalam mewujudkan digitalisasi dan korporation pertanian untuk semakin membangkitkan ekonomi kerakyatan.

Kunjungan Menkop dan UKM ke TaniHub Group disambut hangat Presiden Direktur TaniHub Group, Pamitra Wineka bersama jajarannya.

Teten bersama Pjs. Bupati Malang yang hadir didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Malang dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang berkesempatan menyaksikan kegiatan operasional PPC buah-buahan yang akan dipasarkan ke beberapa kota/kabupaten di Indonesia.

''Kemenkop dan UKM selain melihat kebun dan lahan pertanian di Indonesia, kita juga ingin mengetahui bagaimana model bisnis yang diterapkan di Indonesia. Biasanya sistem pertanian dari petani perorangan di Indonesia dengan memanfaatkam lahan sempit di bawah 0,5 hektar. Awalnya, ini yang belum terpikirkan. Jika di luar negeri kita jumpai dari hulu hingga hilir menggunakan teknologi dan digitalisasi. PPC TaniHub ini sudah menerapkan model bisnis secara digitalisasi atau dengan pengembangan teknologi," jelas Teten.

Dengan demikian, lanjut Teten, petani tinggal fokus menghasilkan produk yang unggul dan produktif.

Bahkan, oleh TaniHub yang juga sudah menjalin kerjasama dengan sejumlah koperasi di Malang, Kediri telah melahirkan konsep pendukung bagi petani dan koperasi.

Saat partnernya dijumpai kekurangan modal maka dibuatkan TaniFund. Serta, saat kerap menjumpai komoditi yang dalam pengiriman banyak rusak maka kemudian dibuatkan TaniSupplay.

''Presiden Joko Widodo menginginkan ada lima model bisnis yang akan jadi rule model untuk program nasional. Ada TaniHub Group yang memberikan kebahagiaan bagi petani lantaran tidak lagi pusing pemasaran. Tentu yang sudah diterapkan merupakan suatu bisnis model yang merupakan satu lompatan. Tinggal fokus menghasilkan produk berkualitas dan jumlah yang terjamin. Demikian juga, koperasi-koperasi yang bekerjasama dengan TaniHub akan terus disupport," terang Teten.

Terpisah, Pjs. Bupati Malang, Drs. Sjaichul Ghulam, M.M menyampaikan Pemkab Malang siap mendukung dan bersama Pemerintah Pusat dalam mengembangkan dunia pertanian serta mendukung ekonomi kerakyatan dan memajukan perkoperasian di wilayah Kabupaten Malang.

Senada dengan Teten, Pjs Bupati Malang juga optimis masa depan agribisnis sudah ada titik terang. Model bisnis semacam ini juga akan dikembangkan sektor lain, semisal perikananan.

''Pemerintah Kabupaten Malang mendukung kolaborasi ini untuk meningkatkan atau pengembangan agribisnis dan UKM di Kabupaten Malang. Dengan model bisnis yang sudah diterapkan TaniHub menjadikan para petani lebih fokus bertani dan paham benar produk dengan standar yang sedang dibutuhkan pasar tentunya dengan standar kualitas dari TaniHub," ujar Pjs. Bupati Malang Sjaichul Ghulam.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mohammad Sodiq
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya