SUARA INDONESIA
Banner

Berkunjung ke Kota Batu, Menteri Luhut Bahas Mega Proyek Kereta Gantung

KOTA BATU - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Panjaitan mengunjungi Kota Batu, Jawa Timur, Senin (26/04/2021).

Kunjungan itu dihadiri 3 kepala daerah di Malang Raya, yakni Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Wali Kota Malang Sutiaji dan Bupati Malang HM Sanusi.

Ada beberapa poin pembahasan yang disampaikan oleh 3 kepala daerah Malang Raya tersebut saat kunjungan Menkomarves Luhut Binsar Panjaitan.

Pertama, memantau calon rute mega proyek Kereta Gantung di Kota Batu, Progres perkembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari Kabupaten Malang dan rencana pembangunan jalan tol Batu-Kediri.

"Saya senang melihat Malang Raya, ketika saya mendengar laporan dan data yang disampaikan tadi (laporan 3 kepala daerah Malang Raya) luar biasa kemajuannya. Sangat ideal, yang kami lihat Malang Raya merupakan daerah yang bisa didorong kedepan untuk lebih maju," ujar Menkomarves Luhut Binsar Panjaitan.

Luhut yakin Malang Raya bisa berkembang dengan pesat, sebab dari segi manusia atau SDM menurutnya mumpuni.

"Jumlah kampus di Malang Raya banyak, sangat mumpuni, apalagi di segi pertanian dan pariwisata sangat ideal," pungkasnya.

Ia juga mengapresiasi atas sinergi yang dibangun oleh tiga kepala daerah tersebut untuk memajukan Malang Raya.

"Ini suatu sinergi yang bagus, suatu hal baik perlu kita dorong kedepan, sudah bagus langkahnya. Saya minta untuk terus dipelihara (sinergitas antar 3 kepala daerah di Malang Raya)," bebernya.

Pria berdarah Batak ini juga mengapresiasi UMKM yang kian tumbuh pesat di Malang Raya. UMKM menurutnya dapat menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

"Malang bisa memainkan peranan itu, sangat bisa sebab banyak kampus disini. Selanjutnya kita bikin rapat terpadu minggu depan dengan kepala daerah Malang Raya dengan Menteri Perhubangan, Menteri PUPR, Menteri Pariwisata, sehingga banyak hal yang bisa kita kerjakan nantinya, misalnya memecahkan masalah kemacetan, UMKM kita fasilitasi pendanaannya, KEK Singosari kita bantu up juga dari perbankan kita yang ada," ucapnya.

Untuk mega proyek Kereta Gantung di Kota Batu, Luhut Panjaitan meminta agar segera dijalankan.

"Kereta Gantung akan kita follow up, nanti berapa trase yang akan dihitung awalnya 470 miliar. Saya kira angka itu ga terlalu besar dan efisien," ungkap Menkomarves Luhut Binsar Panjaitan.

Apa Reaksi Anda?