SUARA INDONESIA MALANG

Kuliah Jarak Jauh, UIN Malang Pertahankan Taklim Ma'had untuk Maba

- 11 September 2020 | 14:09 - Dibaca 3.30k kali
Peristiwa Daerah Kuliah Jarak Jauh, UIN Malang Pertahankan Taklim Ma'had untuk Maba
Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang Prof Dr Abdul Haris MAg

MALANG - Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang Prof Dr Abdul Haris MAg memastikan kalau budaya Ma'had tetap diimplementasikan kepada mahasiswa baru.

Hal tersebut menanggapi kekhawatiran para orang tua yang khawatir kalau anaknya tidak memperoleh pendidikan secara maksimal. Pasalnya, mahasiswa hanya belajar dari rumah melalui gawai masing-masing.

Prof Haris mengatakan, meskipun belajar melalui gawai, UIN Malang tetap berkomitmen mencetak mahasiswa yang berkarakter ulul albab. Salah satu yang tetap dipertahankan oleh rektor UIN Malang adalah taklim (pembelajaran Al-Quran dan kitab klasik).

"Dalam keadaan normal, mahasiswa selama setahun di didik di Ma'had. Untuk kali ini memang tidak ada, tetapi taklim terhadap mahasiswa baru selama setahun tetap akan dilakukan oleh ma'had," ucapnya saat Temu Orang Tua/Wali Mahasiswa Baru 2020/2021 secara daring, Jumat (11/9/2020).

Selain taklim, UIN Malang memiliki budaya dan sistem yang dipadukan, yakni perguruan tinggi dan pesantren. Mahasiswa bahkan diberi fasilitas yang memadai jika berniat menjadi penghafal Al-Quran (hafiz atau hafizah).

"Akan ada banyak dosen dan pembina mahasiswa yang akan meluangkan waktu untuk membimbing mahasiswa dengan bekal pengetahuan umum dan agama," ucapnya.

Dengan itu, Prof Haris berharap tidak mengurangi kualitas pendidikan mahasiswa baru di UIN Malang. Sebab, sesungguhnya tempat bukanlah persoalan.

"Kami harapkan para wali mahasiswa untuk terlibat berpartisipasi dalam pendidikan putra-putrinya di rumah dalam rangka memperoleh pengalaman belajar yang memungkinkan dihasilkan alumni yang berkarakter ulul albab itu," tutup Prof Haris.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta :
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya