SUARA INDONESIA MALANG

GMKI: Kebijakan Mendag Impor Beras Lukai Petani

Mohammad Sodiq - 23 March 2021 | 14:03 - Dibaca 1.63k kali
Peristiwa GMKI: Kebijakan Mendag Impor Beras Lukai Petani
Petani Padi di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. (Foto: Swandy Tambunan)

JAKARTA - Pengurus Pusat GMKI menolak kebijakan impor sejuta beras yang dikeluarkan oleh Menteri Perdagangan (Mendag) RI Muhammad Lutfi.

Menurut PP GMKI, dalam mengambil kebijakan impor beras, Mendag Lutfi tidak bijak. Mendag tidak berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian dan Bulog sehingga kebijakan impor beras hanya diputuskan berdasarkan data Kemendag.

"Sikap Mendag tidak membangun dialog, dan tidak menyerap aspirasi, sehingga sangat melukai hati petani," ujar Ketua Umum PP GMKI, Jefri Gultom, dalam rilis yang diterima media ini, Selasa (23/03/2021).

Mendag Lutfi mengungkapkan stok beras hanya mencapai 500.000 ton. Menurut perhitungan Mendag, beras cadangan Bulog saat ini hanya sekitar 800.000 ton, sebanyak 280.000 ton merupakan stok beras impor tahun 2018 dan ada sekitar 160.000 ton turun mutu. 

Sedangkan menurut Dirut Perum Bulog, Budi Waseso (Buwas) bahwa stok beras di gudang Bulog mencapai 883.575 ton dengan cadangan pemerintah (CBP) sebesar 859.877 ton, dan beras komersial 23.706 ton.

Bulog juga masih memiliki sisa 275.811 ton stok beras dari impor beras 2018 dan 106.642 ton merupakan beras turun mutu. Buwas juga yakin menyerap 390.000 ton dari hasil panen beras. Artinya stok CBP diakhir April mencapai di atas 1 juta ton.


Ketua Umum PP GMKI Jefri Gultom menegaskan bahwa Mendag tidak menggunakan data yang valid dalam mengeluarkan kebijakan impor beras.

Disisi lain, Mendag tidak menjalankan visi Presiden Jokowi dalam menggunakan hasil produksi dalam negeri. Impor beras jika tetap dilakukan akan menjadi polemik dalam masyarakat Indonesia khususnya para petani.

"Untuk itu, kebijakan impor beras salah besar," katanya.

PP GMKI meminta Presiden Jokowi harus mengingatkan para pembantunya lebih teliti dalam bekerjasama serta berkolaborasi antar kementerian dan lembaga terkait. 

"Dalam pandemi Covid-19, pemerintah seharusnya menjaga stabilitas sosial dan ekonomi masyarakat. Rencana kebijakan Impor mengakibatkan harga gabah turun hingga Rp 1.400 per kg. Jangan lukai hati petani," tutup Jefri Gultom.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mohammad Sodiq
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya