SUARA INDONESIA
Banner

Nikmati Keindahan Kota Batu dari Bukit Potok Gendero

KOTA BATU - Kota Batu dikenal sebagai salah satu kawasan wisata paling populer di Jawa Timur bahkan di Indonesia. Kota yang dikenal dengan hawa sejuknya ini mempunyai destinasi wisata yang lengkap.

Selain wisata kulinernya, Kota Batu juga dikaruniai dengan segudang wisata alam yang mempesona.

Tak salah jika Kota Apel ini menerima penghargaan Platinum sebagai Kota Pariwisata dari Kementerian Desa pada tahun 2019 lalu.

Sebab, pembangunan Kota Batu terlihat maju sangat pesat dengan banyaknya bermunculan wana wisata baru khususnya di desa-desa.

Meskipun saat ini dalam suasana pandemi Covid-19, tak menyurutkan warga Kota Batu dalam membangun wana wisata di desanya masing-masing.

Seperti wisata Bukit Potok Gendero. Wisata alam yang terletak di Dusun Kekep, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji ini memiliki pemandangan alam yang begitu indah.


Taman Bunga di Bukit Potok Gendero. (Foto: Nuril Ayni)

Disepanjang jalan, pengunjung akan disuguhkan dengan pepohonan dan sawah hijau yang memanjakan mata.

Selain menawarkan pemandangan yang indah, wana wisata yang baru dibangun mulai September 2020 ini juga cocok menjadi tempat olahraga ekstrem bagi para penggemar sepeda di perbukitan.

Wisata yang tak jauh dari Taman Bunga Selecta ini juga sangat cocok bagi para pendaki pemula.

Pengunjung tak perlu takut tersesat untuk menuju ke puncak. Sebab, wisata Bukit Potok Gendero ini telah disediakan papan petunjuk arah.

Lelahnya mendaki hingga ke puncak akan terbayarkan dengan pemandangan aneka jenis bunga yang tumbuh di taman. Tak hanya itu saja, pengunjung dapat melihat indahnya Kota Batu dari ketinggian.

Selain itu juga terdapat beberapa spot foto yang menarik. Salah satunya adalah jembatan yang berada diatas jurang dengan latar perkebunan yang hijau.

"Kami mengangkat tema alam dengan sajian pemandangan Kota Batu dari atas bukit," ujar Ketua Komunitas K2P Wisata Bukit Potok Gendero, Nico S. H kepada suaraindonesia.co.id, Rabu (10/02/2021).


Spot Foto Jembatan di Bukit Potok Gendero. (Foto: Nuril Ayni)

Nico mengatakan proses pengerjaan wisata itu masih sekitar 80 persen. Walaupun belum diresmikan, pengunjung masih tetap bisa berwisata tanpa harus membayar tiket alias gratis.

"Untuk saat ini, masyarakat dapat menikmati tempat wisata ini secara gratis dan tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Nanti ketika sudah diresmikan, pengunjung hanya dikenenai biaya Rp 5000," kata Nico.

Pria berusia 33 tahun itu memastikan akan secepatnya membangun fasilitas penunjang wisata seperti toilet, gazebo dan fasilitas umum lainnya.

"Kita juga rencana akan membangun fasilitas jalur khusus motor trail dan juga mobil jeep," kata Nico.

Sebagai informasi, Wisata Bukit Potok Gendero ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar, khususnya Komunitas Warga Dusun Kekep.

Apa Reaksi Anda?