SUARA INDONESIA MALANG

Pengurus PKHN Keraton Surakarta Hadiningrat Cabang Malang Dilantik

Redaksi - 31 October 2023 | 16:10 - Dibaca 5.36k kali
Features Pengurus PKHN Keraton Surakarta Hadiningrat Cabang Malang Dilantik
GKR Pakoe Boewono XIII Melantik Pengurus PKHN Keraton Surakarta Hadiningrat Cabang Malang. (foto: Agus/Suaraindonesia.co.id)

KABUPATEN MALANG, Suaraindonesia.co.id - Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Saha Prameswari Pakoe Boewono ke XIII secara resmi mengukuhkan dan melantik pengurus Paguyuban Kusuma Handrawina Nusantara (PKHN) Kasunanan Keraton Surakarta Hadiningrat cabang Malang Raya dan provinsi Jawa Timur.

Pengukuhan itu digelar di Aula Masjid Ageng Raden Bagus (Area Kripik Lumba-lumba) Dusun Jatirenggo, desa Talok, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Senin (30/10/2023) malam.

Tedhak Dalem Gusti Kanjeng Ratu Pakoe Boewono Prameswari Dalem Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwun Kanjeng Susuhunan Pakoe Boewono XIII yang hadir secara langsung mengukuhkan dan melantik Kanjeng Pangeran H. Hadi Sucipto Wiranegara, SE sebagai ketua PKHN Cabang Malang Raya dan Provinsi Jawa Timur.

Acara yang dikemas dalam Tetepan Paguyuban Kusuma Handrawina Nusantara Keraton Surakarta Hadiningrat Pang Malang Raya Sarta Kepyakan Pamong Kusuma Handrawina Nusantara DPW Jawa Timur berlangsung dengan khidmat dengan iringan sakral gending Jawa dalam prosesi pelantikannya.

Gusti Kanjeng Ratu Saha Prameswari Pakoe Boewono ke XIII dalam sambutannya menyampaikan bahwa Paguyuban Kusuma Handrawina Nusantara menjadi benteng kebudayaan Jawa, yang bersumber pada Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

"Pada kesempatan ini saya ucapkan selamat kepada pengurus Kusuma Handrawina Nusantara cabang Malang raya dan provinsi Jawa Timur yang telah terbentuk, selamat bekerja dan semoga sukses di masa yang akan datang," tuturnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang Purwoto S.Sos M.S, yang membacakan sambutan Bupati Malang mengharapkan keberadaan paguyuban ini menjadi fasilitator dan mediator berbagai kepentingan, baik hubungannya dengan Pemerintah Daerah maupun dengan organisasi kemasyarakatan lainnya.

"Saya percaya, Paguyuban Kusuma Handrawina di Kabupaten Malang mampu menggugah dan berperan nyata dalam pemberdayaan masyarakat, pembangunan desa dan pelestarian Sumber Daya Manusia dalam semangat kebersamaan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Kusuma Handrawina Nusantara Cabang Malang Raya dan Daerah Provinsi Jawa Timur, Kanjeng Pangeran. H. Hadi Sucipto Wiranegara kepada awak media dilokasi mengatakan bahwa Paguyuban Kusuma Handrawina Nusantara adalah sebagai inisiator budaya Jawa. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah se-Malang Raya atas dukungan dan apresiasi yang diberikan kepada PKHN Cabang Malang Raya dan PKHN Wilayah Provinsi Jawa Timur.

"Kami berharap PKHN Cabang Malang Raya dapat bekerjasama dengan Pemerintah se-Malang Raya dan pelaku budaya di wilayah ini, sehingga kekayaan budaya dari Kraton Surakarta maupun kebudayaan lokal bisa tetap terjaga untuk dinikmati oleh generasi mendatang,” ujar Kanjeng Pangeran H. Hadi Sucipto yang juga sebagai owner kripik lumba-lumba. (Agus)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Danu Sukendro

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya