SUARA INDONESIA
Banner

PWI Malang Raya Gelar Uji Kompetensi Wartawan Jenjang Muda dan Madya

MALANG - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan 40 di Gedung Politeknik Negeri Malang (Polinema) selama tiga hari mulai 29 hingga 31 Maret 2022.

Sebanyak 36 peserta mengikuti UKW yang terbagi dari 32 peserta jenjang Muda dan 4 jenjang Madya.

"Kegiatan UKW gelombang III yang digelar PWI Malang Raya kali ini diikuti 36 peserta, 1 kelas Madya, 5 kelas Muda. Mereka datang dari Lampung, Jakarta, Bogor, dan se-Jatim," ujar Cahyono dalam sambutan Pra UKW, Selasa (29/3/2022).

Atas terlaksananya UKW ini, Cahyono berharap peserta bisa memanfaatkan pelaksanaan UKW dengan sebaik-baiknya.

"Diharapkan semua peserta lulus semua dan mendapat sertifikasi dari Dewan Pers, dan pelaksanaannya seluruh peserta UKW tidak dipungut biaya maka dari itu diharapkan diikuti dengan sebaiknya," harapnya.

Di tempat yang sama, Ketua PWI Jatim, Lutfil Hakim menginginkan, jika nanti peserta UKW yang lulus dapat menerapkan kerja-kerja jurnalis secara profesional. 

"Semua yang lulus saya harap berkompeten, linier. Bagaimana jurnalisme dikuasai secara kaffah. Pers tidak cukup hanya di kompetensi ini, tapi harus ditambah pengetahuan," ungkap pria yang akrab disapa Pak Item itu.

Sementara itu, pelaksanaan UKW dibuka oleh Kapolres Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto dengan simbolis mengalungkan id card peserta.

Budi mengatakan, kehadiran media merupakan pilar kontrol sosial dalam tugas pemerintah. 

"Kontrol ini harus ada regulasi yang pas konsepnya, bukan untuk mendiskreditkan. Semoga dalam tugas media, Pers semakin mulia demi Negara lebih baik. Semoga semua bisa lulus," pungkasnya.

Apa Reaksi Anda?