SUARA INDONESIA
Banner

5 Makanan Khas Sumatera Barat yang Harus Dicoba, Lamak Bana!

SUARA INDONESIA - Sumatera Barat terkenal dengan masakannya maupun makanannya yang khas. Makanan dari wilayah ini juga sampai terkenal di dunia, salah satunya rendang.

Banyak rumah makan masakan Padang yang anda temui bukan di seluruh Indonesia? Itulah buktinya.

Tak hanya rendang, terdapat makanan lain khas Sumatera Barat yang go international. Untuk tahu lanjutnya, langsung saja simak berikut ini:

1. Rendang

Makanan ini terbuat dari bahan daging Sapi dengan bumbu rempah yang khas dan lengkap milik Sumatera Barat. Makanan ini bisa dibilang cukup lama dalam pembuatannya. Gunanya agar rasanya meresap, selain itu masakan ini cocok dihidangkan saat hangat-hangatnya.

2. Sate Padang

Sate Padang ini sudah menyebar ke hampir seluruh pelosok Indonesia. Sate ini menggunakan daging Sapi. Terdapat yang menggunakan lidah Sapi juga. Sisi khas dari makanan ini adalah adanya kuah yang sangat kental berwarna kuning. Ada juga ketupat.

3. Gajeboh

Makanan ini cocok bagi anda yang suka akan gajih atau pecintanya? Nama lain gajih lemak yah. Gajeboh disebut juga sebagai Sandung Lamur. Bahan utama dari makanan ini adalah daging sapi bagian punuk, sehingga nanti akan terdapat banyak gajih atau lemak.

4. Gulai Paku

Makanan ini menggunakan bahan utama tanaman paku atau pakis. Jenis yang digunakan seperti Semanggi, Ostrich Fern, atau Bracken. Makanan khas ini sama dengan gulai Padang lainnya. Daripada penasaran, langsung coba saja makanannya.

5. Dendeng Balado

Makanan khas Sumatera Barat ini menggunakan daging Sapi yang dikeringkan. Daging Sapi di iris tipis-tipis dan kecil-kecil, kemudian dikeringkan. Setelah itu diberi bumbu rasa balado dan rasanya Lamak Bana (enak sekali) berpadu dengan pedasnya rasa balado.

Nah, itulah 5 makanan khas dari Sumatera Barat yang perlu dicoba. Siapa tahu bunda yang lagi santai dirumah temotivasi untuk mencobanya. Good luck!!!

Reporter: Yuliarti Selli

Apa Reaksi Anda?