SUARA INDONESIA MALANG

Bupati Malang Canangkan BPS Sebagai Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi

Mohammad Sodiq - 16 December 2020 | 15:12 - Dibaca 1.95k kali
Pemerintahan Bupati Malang Canangkan BPS Sebagai Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi
Bupati Malang H. M. Sanusi mencanangkan Zona Integritas WBK pada satuan kerja BPS Kabupaten Malang.

KABUPATEN MALANG - Bupati Malang H. M. Sanusi mencanangkan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) pada satuan kerja Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Malang, Rabu (16/12/2020).

Dalam kesempatan tersebut, hadir Kapolres Malang, Perwakilan Forpimda, Kepala KPPN Wilayah Malang serta Kepala BPS Kabupaten Malang.

Atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, Bupati Sanusi menyambut baik pencanangan Zona Integritas tersebut. Hal itu menunjukkan keseriusan BPS Kabupaten Malang dalam upaya membangun budaya integritas.

Selain itu juga guna terwujudnya tata kelola kepemerintahan yang baik dan bersih (good governance and clean governance), juga menciptakan lingkungan kerja yang bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

"Semoga kedepan dapat mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani masyarakat, serta menjadi institusi yang semakin baik," harap Abah Sanusi, sapaan akrab Bupati Malang.

Menurut Abah Sanusi, Zona Integritas merupakan predikat yang diberikan pada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Yang mana, lanjut Sanusi, hal tersebut juga sejalan dengan amanat dalam Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2021-2025.

Sanusi mengatakan, saat ini pelaksanaan Reformasi Birokrasi telah memasuki periode kedua, dan akan menuju periode ketiga atau periode terakhir masa berlaku Road Map.

Pada periode pertama hingga periode kedua, telah tercapai banyak kondisi yang mendukung sasaran Reformasi Birokrasi dengan semakin meningkatnya kualitas pelayanan publik yang memudahkan masyarakat.

"Berkaitan dengan hal tersebut, pembangunan Zona Integritas menjadi role model Reformasi Birokrasi yang perlu untuk diwujudkan dalam rangka penegakan integritas demi tercapainya pelayanan publik yang berkualitas," jelas Sanusi.

Ia pun menilai bahwa Zona Integritas sendiri adalah sebuah konsep yang berasal dari konsep Island of Integrity atau Pulau Integritas, yang biasa digunakan pemerintah untuk menunjukkan semangat dalam pemberantasan dan pencegahan tindak pidana korupsi.

Namun, dikatakan Sanusi, dalam proses membangun Zona Integritas menuju WBK dan WBBM perlu adanya komitmen kuat dan kesamaan visi serta mindset dari semua pihak, sehingga keberhasilan pembangunan Zona Integritas dapat tercapai.

"Ini merupakan langkah nyata BPS Kabupaten Malang, dalam mengimplementasikan Reformasi Birokrasi, guna mendukung program pemerintah mewujudkan peningkatan kapasitas dan akuntabilitas instansi pemerintah, lembaga yang bersih dan bebas KKN sekaligus bentuk peningkatan pelayanan publik," ujarnya.

Bupati Malang Sanusi berharap dengan pencanangan Zona Integritas ini mampu membawa semangat bagi seluruh jajaran BPS Kabupaten Malang untuk lebih responsif dalam menjawab kebutuhan daerah terutama di lingkup Pemkab Malang, maupun kebutuhan data seluruh stakeholders.

"Selamat kepada BPS Kabupaten Malang. Semoga semakin sukses, dan mudah-mudahan Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk dan perlindungan, sekaligus mengiringi setiap upaya pengabdian kita semua, kepada masyarakat, bangsa dan negara," ungkap Bupati Malang H.M. Sanusi.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mohammad Sodiq
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya