SUARA INDONESIA MALANG

Dukung Pemulihan Ekonomi Petani, DTPHP Kabupaten Malang Beri Bantuan Mesin Pertanian

Damanhury Jab - 15 April 2021 | 19:04 - Dibaca 4.35k kali
Pemerintahan Dukung Pemulihan Ekonomi Petani, DTPHP Kabupaten Malang Beri Bantuan Mesin Pertanian
Kepala DTPHP Kabupaten Malang Budiar Anwar Berikan Bantuan Mesin Pertanian kepada Kelompok Tani, Kamis (15/04/2021).

KABUPATEN MALANG - Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Malang menyerahkan bantuan alat untuk 3 Kelompok Tani.

Bantuan yang terdiri dari Perajang, Penepung, Vacum Seller, Kompor dan Pengiris ini digelar di Aula DTPHP Kabupaten Malang, Kamis (15/04/2020).

Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan DTPHP Kabupaten Malang Slamet BS mengatakan agenda yang berlangsung saat ini tak hanya serah terima bantuan alat, melainkan juga disertai dengan bimbingan teknis penggunaan alat-alat pengolah hasil pertanian ini.

"Bimbingan teknis yang kami gelar langsung menggunakan narasumber teknisi yang menyuplai mesin. Tujuannya agar ada sinkronisasi antara terknisi dan kelompok tani sehingga apa yang nantinya dilakukan oleh Kelompok Tani dalam penggunaan mesin ini dapat berjalan dengan baik," kata Slamet.

Dinas Pertanian Kabupaten Malang berharap dengan adanya penyerahan bantuan ini hasil pertanian tidak hanya dijual dalam bentuk umbi- umbian biasa, melainkan dapat terjual dalam bentuk olahan dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Senada dengan Slamet, Kepala DTPHP Kabupaten Malang Budiar Anwar berharap agar bantuan alat pertanian tersebut dapat mendukung jiwa entrepreneur para petani.

"Semoga dengan adanya bantuan ini dapat digunakan untuk usaha kecil-kecilan semacam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mengingat kita sementara masih dalam kondisi pandemi. Kalau umbi-umbian mampu di olah menjadi produk turunan kan pasti meningkat juga nilai ekonomisnya," ujar mantan Kabag Humas Kabupaten Malang itu.

Sementara, Ketua Kelompok Tani Desa Gedangan, Dulhadi mengaku senang mendapatkan bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Malang. Bantuan mesin pertanian tersebut menurutnya dapat membantu masyarakat petani.

"Alhamdulillah dengan bantuan ini kami bisa buat usaha di rumah apalagi sekarang musim Covid-19 jadi kemana-mana masih dibatasi," ungkap Dulhadi.

Dulhadi juga berharap agar kedepan kelompoknya dapat kembali dibantu dengan alat-alat pertanian dan mesin press sehingga proses produksi hasil pertanian ini terus berjalan dengan lancar.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Damanhury Jab
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV