SUARA INDONESIA
Banner

Wakepsek SMA Islam Batu Bagikan Tips Menjaga Kebugaran Tubuh Dimasa Pandemi

BATU - Masa pandemi tidak sedikit menimbulkan banyak gangguan kesehatan. Hal tersebut bisa jadi karena aktivitas yang terbatas dan juga pola makan yang tidak teratur.

Menurunnya aktifitas dimasa pandemi juga memicu timbulnya stres pada pikiran. Oleh karena itu tips hidup sehat harus mulai untuk diterapkan.

Wakil Kepala Sekolah (Wakepsek) SMA Islam Batu Ikhwan Hariono yang sekaligus Olahragawan ini memberikan tips unik menjaga kebugaran tubuh di masa pandemi. Ia mengatakan, selain olahraga dirumah ia juga mengkonsumsi sate kambing rutin dua kali seminggu.

Mungkin hal ini terdengar aneh, ketika kita mengetahui banhwa daging kambing dapat meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Namun, sebenarnya daging kambing memiliki banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Seperti protein, lemak, zat besi, fosfor, vitamin B, zinc, vitamin K, vitamin E dan masih banyak lagi.

“Sebenarnya mudah menjaga kesehatan di masa pandemi, yaitu dengan menjaga nafsu makan. Masa pandemi jangan sampai diet, nanti malah penyakit timbul dari situ," ujar Ikhwan Hariono kepada suaraindonesia.co.id, Selasa (02/03/2021).

Ikhwan menambahkan, bukan rahasia lagi kalau Virus Corona adalah penyakit mematikan. Oleh karena itu langkah-langkah menjaga kesehatan makan dan mental perlu dilakukan.

Sebelumnya Ikhwan mengetahui tips tersebut berdasakan hasil penelitian terbaru yang menyebutkan bahwa daging kambing dapat membantu menjaga kesehatan mental. Sehingga ia menerapkan kebiasaan tersebut bersama dengan keluarganya di masa pandemi ini. 

“Dengan mental yang sehat, tidak mudah berpikir negatif dan juga menghindari stres adalah menjaga kita supaya tidak mudah terkena Virus Corona," kata Ikhwan Hariono.

Meskipun sate kambing baik untuk kesehatan mental, namun ia tidak menyarankan bagi penderita kolestrol tinggi dan juga penderita hipertensi untuk melakukan hal yang sama.

Ia hanya menyarankan bagi para muda mudi maupun masyarakat yang tidak memiliki riwayat sakit sejenis itu. 

Selain mengkonsumsi sate kambing, Ikhwan menegaskan bahwa air putih juga perlu diperbanyak. Tetap menjaga jarak dan selalu menggunakan masker ketika keluar rumah.

Apa Reaksi Anda?