SUARA INDONESIA MALANG

Gelar Webinar Tafsir Ilmi, UIN Malang Sinergikan Sains dan Islam

- 12 October 2020 | 14:10 - Dibaca 7.64k kali
Pendidikan Gelar Webinar Tafsir Ilmi, UIN Malang Sinergikan Sains dan Islam
Rektor UIN Malang Prof. Dr. H. Abdul Haris, M.Ag menjadi keynote speech dalam webinar bertajuk Al-Tafsir Al-Ilmi: Historisitas, Metode, Peluang, dan Tantangan.

KOTA MALANG - Menuju Smart Islamic University, UIN Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki Malang) gencar mengadakan seminar dan kajian-kajian yang memadukan tentang pendidikan Islam dan sains.

Melalui Pusat Studi Integrasi Islam dan Sains, Lembaga Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat UIN Malang, mengadakan webinar bertajuk Al-Tafsir Al-Ilmi: Historisitas, Metode, Peluang, dan Tantangan, pada Senin (12/10/2020).

Kegiatan seminar online itu menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Pengasuh PP Al Anwar 3 Sarang Dr KH Abdul Ghofur Maimoen MA, Pengasuh PP Darul Ulum Jombang Dr KH Afiuddin Dimyathi MA dan Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an Badan Litbang Kementerian Agama RI, Dr Muchlis M Hanafi MA.

Selain itu, Ketua LPPM UIN Maliki Malang Prof. Tutik Hamidah dan Rektor UIN Malang Prof. Dr. H. Abdul Haris, M.Ag turut menjadi keynote speech dalam acara webinar tersebut.

Rektor UIN Malang Prof. Dr. H. Abdul Haris, M.Ag mengatakan bahwa tema yang dibawakan pada webinar kali ini, sangat relevan dengan pengembangan UIN Maliki Malang.

Hal ini dikarenakan Al-Tafsir Al-Ilmi merupakan metode penafsiran yang terkandung dalam Al-Quran yang mensinergikan sains dan Islam.

"Kita sangat amat perlu meneguhkan kembali terkait konsep ilmu sains dan sosial yang integratif dengan ilmu Al-Quran. Tidak menutup kemungkinan bahwa UIN Maulana Malik Ibrahim kemudian menjadi pusat dalam pengembangan sains ini," ujarnya.

Menurutnya, tafsir Ilmi ini sangat dibutuhkan oleh seluruh warga UIN Maulana Malik Ibrahim sebagai keahlian untuk memahami fenomena alam untuk mengonstruksi sains. 

"UIN Maliki Malang memiliki visi terwujudnya pendidikan tinggi terintegratif dengan memadukan sains dan Islam yang bereputasi Internasional," urainya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Malang, Prof Dr Tutik Hamidah MAg, mengatakan bahwa tema tafsir ilmi ini sangat penting bagi UIN Malang.

Sebab, adanya amanah khusus kepada UIN Maliki Malang, yaitu mengintegrasikan ilmu-ilmu sosial dan ilmu-ilmu eksak dengan Al-Quran.

"Sehingga pengembangan ilmu-ilmu itu bisa di bawah sinaran ajaran Al-Quran," tutur Tutik Hamidah.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta :
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya